Mengenal Lebih Dekat Ilmuwan Muslim

Buku Ilmuwan Muslim

Spesifikasi Buku:

Penulis: Sri Widiyastuti
Penerbit: BIP
Tahun Terbit : Tahun 2015
Tebal 98 Halaman
Harga: Rp81.000

Sinopsis:

Tahukah kamu siapa ilmuwan Islam penemu lensa optik?
Siapakah ilmuwan Islam penemu kalender?
Siapakah dokter pertama dari kalangan ilmuwan Islam?

Buku ini akan menjawab semuanya. Teman-teman dalam cerita di buku ini juga awalnya semua tidak tahu. Lewat buku ini, kamu akan mengetahui rahasia kejeniusan ilmuwan Islam. Selain itu, kamu juga akan mengetahui tempat kelahiran mereka, mendatangi tempat-tempat dimana ilmuwan-ilmuwan Islam tinggal dan mengikuti pertualangan mereka dari satu kota ke kota yang lain. Setelah membaca buku ini, pasti kalian akan semakin semangat belajar dan semangat beribadah kamu akan semakin tinggi.

Biografi ilmuwan Islam ini berisi biografi 5 Ilmuwan Islam. Ibnu Sina, Al Farabi, Ibnu Haitham, Al Khawarizmi dan Ibnu Al Khayyam.

Ini Potongan ceritanya.

“Dokter pertama di dunia? Dokter … dokter…,” Una mencari-cari jawaban pada daftar isi buku ensiklopedia.
“Ibnu Sina!” jawab seseorang di balik rak buku besar di dekat mereka.
Fathin dan Una mengangkat wajah mereka dan mencari sumber suara. Seorang anak laki-laki berdiri mendekap sebuah buku besar sedang menyandar ke rak buku. Gayanya seperti seorang detektif. Vino teman sekelas Una dan Fathin tersenyum nyengir ke arah mereka.
“Ibnu Sina?” tanya Fathin.
“Yup! Ibnu Sina,” tegas Vino. “Masa kalian enggak tahu, sih?”
“Oh, iya! Aku baru ingat! Ibnu Sina atau Avicenna!” seru Una. Dia ingat pernah mendengar nama Ilmuwan Islam itu.
“Ini buku yang kalian cari. Tadi aku mendengar teriakan kalian yang terdengar ke seluruh dunia perpustakaan. Jadi, ini aku carikan, khusus untuk kalian!” Vino mengacungkan buku besar yang ada di tangan kanannya.
“Vin! Memangnya aku ngomong teriak-teriak gitu?” tanya Fathin, merasa tidak enak.
“Iya, ih! Kamu sok tahu, Vin!” sergah Una.
“Sudah aku katakan tadi,” Vino enggan mengulang kata-katanya. Dia mencari tempat duduk dan duduk di kursi kosong di dekat mereka berdiri. Fathin dan Una mengikutinya di belakang. Mereka duduk di depan Vino.
 “Nah, ini yang kalian cari. Ibnu Sina! Nama panjangnya Abu Ali al Husain bin Abdullah bin Sina. Lahir di Bukhara tahun 980,” jelas Vino mantap sambil membuka lebar halaman buku ensiklopedia.
Fathin memandang takjub pada Vino. Vino anaknya tidak mau diam di kelas, tapi pengetahuannya banyak sekali yang di luar pelajaran sekolah. “Vin, bagaimana kamu tahu, Ibnu Sina dokter pertama di dunia? Tempat lahirnya, tahun lahirnya?” tanyanya.
“Dari buku ini! Aku punya buku ini di rumah, hadiah dari ayahku. Ibnu Sina ilmuwan muslim favoritku. Aku  ingin sekali seperti dia!” jawab Vino mantap.
“Mau tahu kehebatan Ibnu Sina?” tanya Vino sambil tersenyum.
 “Mau … mau!” jawab Una dan Fathin kompak.
“Oke, akan aku bacakan dari buku ensiklopedia ini ya,” kata Vino.
           
Masa Kecil Ibnu Sina dan Ilmu Pengetahuan

            Ibnu Sina lahir pada zaman kegemilangan Islam. Beliau lahir tahun 980 masehi di Afsyanah, sebuah desa yang terletak di Bukhara. Bukhara adalah salah satu dari lima kota terbesar di Uzbekistan. Kota Bukhara terletak di jalur sutra (jalur lintas peradaban modern) dan sejak zaman dahulu sudah menjadi pusat perdagangan, pertukaran pelajar, pertukaran kebudayaan dan perkembangan agama. 

Selamat membaca!

Jika berminat ingin membaca kelanjutan dari buku ini, silakan memesan buku ini ke nomor whatsapp +6285974762071



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.